Pelatihan Mengajar Online

Dalam WorkShop ini, kami akan berusaha meraih target materi sbb :
  1. Setiap guru akan dapat mengajar melalui blog profesional yang telah dibuat dengan rapi dan artistik sehingga membuat pengunjung merasa nyaman berlama-lama membaca dan mendalami materi belajar, baik itu siswa, orang tua siswa, guru lain maupun masyarakat umum atau bahkan bisa jadi siswa dan guru sekolah lain jauh disana.
  2. Blog tersebut akan berisi materi pembelajaran yang telah disiapkan oleh guru sebagai pengelola, materi ini sendiri dapat berupa file yang bisa didownload gratis dengan berbagai format (doc, zip, rar, exe, ebook, html, flash, mp3, video, power point dll), atau dapat berupa presentasi live yang dapat langsung dijalankan tanpa didownload yang ditambah dengan penjelasan oleh guru berupa suara yang juga langsung bisa didengar ketika mengklik tanda play, sehingga seakan siswa berada di dalam kelas. Materi ini pun bisa didownload secara gratis.
  3. Di bawah setiap materi tersedia link untuk memasukkan komentar maupun pertanyaan, sehingga bila ada yang tidak mengerti langsung bisa bertanya kepada guru.  Untuk membuat pertanyaan  atau memberi komentar, siswa diminta untuk masuk dengan akun Google (atau akun di wordpress, AIM, Typepad, Livejournal dll), atau bisa juga hanya dengan mengetikkan namanya tanpa masuk ke akun email. jika belum punya Anda akan ditunjukkan cara mendapatkannya. Dan yang lebih menyenagkan lagi, setiap pertanyaan tersebut akan dapat dibaca secara langsung oleh Guru di HP yang telah diseting dengan YM atau GMail, juga bisa langsung dijawab ke email penanya atau diposting di Blog tersebut.
  4. Di Blog ini juga akan dipasang YM yang dengan begitu setiap siswa menggunakan ini bertanya kepada guru sehingga walaupun sang guru tidak online tetapi dia bisa tahu ada pertanyaan yang diajukan siswanya yang masuk ke HP melalui YM tersebut. Di pasaran sudah banyak HP yang mendukung layanan YM, email, chatting maupun facebook.
  5. Atau jika kesulitan karena tidak punya email dapat menggunakan fasilitas lain yang telah dipasang di blog tersebut, yang dengan layanan ini memungkinkan siapa saja bisa bertanya kepada pengelola Blog atau Guru tanpa harus punya email, Guru bisa menjawabnya walaupun tidak buka internet di PC atau Laptop namun cukup menjawabnya dari HP yang terkoneksi dengan layanan Yahoo.
  6. Juga yang sangat menarik adalah adanya Bank Soal dari setiap materi yang bisa didownload oleh siswa. Dengan layanan ini, maka siswa bisa berlatih mengerjakan soal di rumah atau dimana saja tanpa harus online.
  7. Blog Guru ini juga bisa disetting agar tidak semua pengunjung bisa masuk, tetapi hanya orang tertentu yang sudah diseting. Layanan ini berfungsi misalnya sebuah Blog hanya boleh dibuka oleh kelas tertentu atau siswa sekolah tertentu.

  8. Seorang Guru juga bisa melakukan pembelajaran online yaitu dengan cara setiap siswa juga harus online dimana mereka akan diundang oleh Guru untuk menuju portal khusus untuk mendengarkan penjelasan dari guru. Sang Guru akan bicara dengan microfon yang tehubung dengan laptop atau PC yang dapat didengar oleh semua siswa walaupun mereka ada di rumahnya masing-masing atau di warnet. Mereka bisa interaktif mengajukan pertanyaan kepada Guru dan Guru langsung bisa menjawabnya. Guru menjelaskan juga bisa dibantu dengan slide presentasi live yang sudah disiapkan di Web Guru tersebut. Layanan ini memungkinkan seorang Guru bisa mengajar walau ia sedang ada tugas dinas di luar kota. Juga bisa melakukan pembelajaran online yang terintegrasi dengan sekolah lain di lingkungan Kabupaten tertentu atau bahkan semua siswa dari setiap sekolah di Indonesia.
  9. Dengan menggunakan HP yang mendukung, Guru dapat memposting nilai siswa ke Blog melalui HP,

0 komentar:

Posting Komentar